MENUJU PERTANIAN ORGANIK

SELAMAT DATANG

Selasa, 01 November 2011

DATABASE TANAMAN (NAMA TANAMAN SELURUH DUNIA

Ahli botani asal Amerika serikat dan Inggris telah menyelesaikan pembuatan databese tumbuhan terlengkap di dunia. Databese tersebut dibuat untuk membantu program para ahli konservasi, pembuat obat dan peneliti pertanian. Databese ini juga bisa untuk merencanakan konservasi, mencari manfaat ekonomi dari tanaman dan berbagai pengguna lainnya.
 Databese yang bisa diakses di www.theplantlist.org tersebut memuat 1,25 juta nama tumbuhan. Data-data tanaman pertanian seperti gandum dan padi hingga tanaman hias seperti bunga mawar dan paku-pakuan liar ada disini. Secara spesifik data tersebut dibuat untuk membuat penanaman tanaman lebih akurat.
 Dari 1,25 juta nama dalam databese itu 1,04 juta diantaranyaadalah nama spesies. Sementara sisianya merupakan nama ‘infraspesifik’ atau nama-nama untuk tingkat varietas atau subspesies. Tercatat, hanya 300.000 nama spesies yang diterima sebagai istilah standar, sementara 480.000 lainnya merupakan sinonim dari nama lainnya. Sisanya, kurang lebih 260.000 nama masih belum tersepakati. Pada databese ini, nama belum terpanjang adalah Ornithogalum adseptentrionevergentulum, yang merupakan nama spesies mencakup tanaman bintang natal. Sementara nama terpendek adalah Poa fax yaitu nama  bunga bewarna ungu dari Australia (Sumber: Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar